Artisteer, membuka widget atau elemen halaman yang terkunci (locked)



Sebelumnya Uno ucapin Terimakasih buat sob topi & sob ndolem yang udah mengenalkan kepada software artisteer. Mungkin para blogger sudah lebih lama mengenal software ini untuk membuat template Blog, website, dll.

Tampilan yang dihasilkan juga bagus, bisa dilihat dari blog ini (kalo Uno sih anggep udah bagus) dan blog sobat saya di atas. Namun dari tampilan yang bagus saja tidak cukup, karena masih dibilang fitur-fitur elemen halaman masih dibilang standar.nah perlu diketahui juga kalau ada beberapa elemen halaman yang dikunci sama artisteer (nah lho).. jadi enggak bisa diedit-edit, dipindah-pindah, atau dihilangkan.

Sebelumnya Uno panik banget, mana udah dibuat keren tampilan blog-nya tapi enggak bisa di edit elemen halamannya apalagi yang Uno anggap enggak penting. Berikut ini adalah elemen halaman yang di kunci (locked) pada blog Uno sebelum "di acak-acak" scriptnya
  • Top Menu (Menu Navigasi Blog), nanti dibahas lebih lanjut.
  • Footer Links
  • Copyright Text
  • Navigation bar (punya blogger)
  • Header blog
nah berikut ini gambar dari elemen halaman yang di kunci
bagaimana cara menghilangkan lock-nya?
Pertama-tama sebaiknya blog temen-temen di backup dulu templatenya biar kalo salah dan hancur bisa dikembalikan seperti semula, atau kalau perlu sobat punya blog cadangan untuk utak-atik script (blog percobaan).
nah sekarang kita mulai
  • pilih rancangan (layout)>edit HTML
  • setelah itu tekan CTRL+F (find) di seach box-nya tulis aja judul atau title dari elemen halaman tersebut, contoh: Copyright, Footer links, dll...
  • Setelah itu akan muncul script seperti di bawah ini
b:widget id="LinkList98" locked="true" title="Footer Links" type="LinkList"
b:widget id="Text99" locked="true" title="Copyright Text" type="Text"
  • nah pada script  locked='true' ganti kata 'true' menjadi 'false' hasilnya seperti di bawah ini 
b:widget id="LinkList98" locked="false" title="Footer Links" type="LinkList"
b:widget id="Text99" locked="false" title="Copyright Text" type="Text"

ganti kata true pada script yang bertuliskan footer links untuk mengedit footer links atau pada Copyright text untuk merubahnya, ganti keduanya atau salah satu saja juga boleh terserah sobat.
  • Setelah itu simpan template, pilih elemen halaman lalu lihat perubahannya
Yang sebelumnya elemen tersebut tidak bisa di geser-geser atau dihapus sekarang sudah bisa digeser atau juga disa dihapus jika menurut sobat itu elemen yang enggak penting lagi di blog sobat. OK selesai semoga bermanfaat, selamat mencoba.

3 komentar:

  1. mksh sob tips nya, klu membuat footer bisa g sob? nanti di posting ya topijerami kemarin tanya ma aku tapi aku otak atik belum bisa

    BalasHapus
  2. kalo footer aye udh coba,,tuh hasilnya bs diliat di blog aye kan,, makasih jg nih aye kenal yang namanye artisteer dari sob ndolem,, nnti aye coba posting yang lainnya ..thx komennya..

    BalasHapus
  3. wah,, bagus artikelnya,, udah saya cari2,, ini baru dapat pada blog ini,,
    thanks infonya,, izin mengerapkan,, ^^!

    BalasHapus